Thursday, September 19, 2024

SportCorner.id – Honda akan kembali secara maksimal di Formula 1 2026. Namun, kini mereka menggaet Aston Martin sebagai mitra.

Sempat meninggalkan F1 di akhir musim 2021 dan hanya menjalin kerja sama dengan Red Bull Racing untuk membangun unit power, melalui situs resmi kejuaraan pada Rabu, 24 Mei 2023, Honda akan bergabung kembali di tahun 2026.

Peraturan baru pada tahun 2026 adalah meningkatkan performa mesin listrik kendaraan yang digunakan tim. Federasi Automobil Internasional (FIA) mengamanatkan penggunaan bahan bakar sintetis yang bertujuan untuk keberlanjutkan.

“Dalam mengejar tujuan netralitas karbon pada tahun 2030, mulai pada tahun 2026 FIA akan memandatkan penggunaan bahan bakar netral karbon 100 persen dan penyebaran tenaga listrik secara signifikan akan meningkat tiga kali lipat dari regulasi sekarang,” ucap Koji Wanatabe selaku presiden Honda Racing Corporation.

Kembalinya Honda tidak diikuti dengan melanjutkan kontraknya dengan Red Bull, melainkan membuat kontrak baru dengan Aston Martin.  

Kebersamaan Honda dengan Si Banteng Merah adalah hal yang menyenangkan untuk dikenang. Salah satunya keberhasilan Max Verstappen yang berhasil meraih juara dunia pada tahun 2021 dengan tim Red Bull menggunakan mesin Honda.

Red Bull akan membangun mesinnya sendiri untuk tahun 2026 dan telah menjalin kerja sama dengan perusahaan Ford untuk membangun power unit.

Penulis: Dinda Puspita Hervira