Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Ragnar Oratmangoen mengaku kedua orangtua kaget ketika dirinya memutuskan akan menjadi WNI (Warga Negara Indonesia).

Oratmangoen adalah satu dari beberapa nama yang sedang menjalani proses menjadi WNI selain Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Setelah jadi WNI, Oratmangoen diproyeksikan untuk bermain bersama timnas Indonesia. Saat ini, proses pengalihan kewarganegaraannya sudah sampai di DPR.

Oratmangoen mengaku kedua orangtuanya kaget mendegar kabar putranya akan segera menjadi WNI. Tapi, kekagetan mereka dalam arti bahagia.

"Orang tua saya sangat bahagia, meski ibu saya juga sedikit terkejut," ujar Oratmangoen, dikutip dari DVHN.

[Baca Juga: Witan, Arhan, dan Egy Sudah Nikah, Asnawi Kapan?]

Ayah Oratmangoen diketahui tak memiliki kewarganegaraan. Kekagetan orangtua Oratmangoen karena proses peralihan menjadi WNI berjalan sangat cepat.

"Meskipun ayah saya lahir di sini, dia sudah lama tidak memiliki kewarganegaraan. Ada tanda bintang di paspornya. Akibatnya, dia bukan warga negara Belanda penuh, misalnya tidak punya hak pilih," katanya.

"Butuh waktu setahun sebelum ia benar-benar memiliki kewarganegaraan Belanda, untuk itu ia harus mengirimkan surat resmi kepada Ratu. Menurut ibuku, ini gila karena sekarang bisa diatur sebaliknya dengan begitu cepat," ucapnya.