Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Manchester United akan melakoni laga tandang melawan rival tim antar kota yaitu Liverpool pada lanjutan Liga Inggris di Anfield, Minggu malam (17/12/2023).

Puncak klasemen Liga Inggris sendiri dikuasai oleh klub tuan rumah yang akan menjamu Manchester Merah yang pada musim lalu kalah telak menghadapi The Reds dengan skor 7-0.

Kemenangan tanpa balas tersebut menjadi salah satu fenomena yang umum lantaran rivalitas antar kedua klub tersebut merupakan salah satu yang paling besar dalam sejarah sepak bola Inggris.

Persaingan sengit antar keduanya dikenal oleh khalayak ramai karena MU dan Liverpool adalah klub Inggris tersukses yang unggul atas klub lainnya.

Bahkan, rivalitas kedua klub yang bertetangga itu disebut yang paling sengit di kancah sepak bola Inggris.

Baca juga: [MU vs Bayern: Sudah 7 Kali Setan Merah Kalah di Old Trafford Musim Ini]

Namun ternyata rivalitas keduanya tidak hanya berkutat di dunia sepakbola saja, karena kedua kota asal masing-masing klub tersebut juga memiliki persaingannya tersendiri.

Semua bermula dari pembangunan Manchester Ship Canal di tahun 1894 yang membuat banyak pekerja di Liverpool yang kehilangan mata pencahariannya.

Faktor sejarah utama yang melatarbelakangi rivalitas keduanya berawal dari persaingan dalam bidang ekonomi dan industri.