Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Piala Dunia Antarklub FIFA atau FIFA Club World Cup sudah berlangsung selama 23 tahun, tepatnya diselenggarakan pertama kali pada tahun 2000.

Pesta akbar sepak bola antarklub belahan dunia ini merupakan turnamen yang mempertemukan juara Liga Champions di Eropa, Asia, Amerika Selatan, CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia), Oseania, dan perwakilan tuan rumah.

Format turnamen saat ini melibatkan tujuh tim yang bersaing memperebutkan gelar di tempat-tempat di negara tuan rumah selama sekitar dua minggu.

Perebutan itu dilakukan oleh pemenang AFC Champions League (Asia), Liga Champions CAF (Afrika), Piala Champions CONCACAF (Amerika Utara, Tengah dan Karibia), Copa Libertadores (Amerika Selatan), Liga Champions OFC (Oseania) and Liga Champions UEFA (Eropa).

Tak lupa, bersama dengan mereka juara nasional negara tuan rumah juga turut berpartisipasi dalam turnamen sistem gugur.

[Baca Juga: Sepanjang 2023, Tim Badminton Indonesia Selalu Sial Tiap Main di China]

Juara nasional negara tuan rumah memperebutkan play-off melawan juara Oseania, dan pemenang bergabung dengan juara Asia, Afrika dan Amerika Utara di perempat final.

Pemenang perempat final akan menghadapi juara Eropa dan Amerika Selatan, yang masuk di babak semifinal, untuk memperebutkan satu tempat di final.