Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia akan menjalani laga pertama mereka di Piala Asia 2023 pada hari ini, Senin (15/1/2024), petang WIB.

Iran menjadi lawan Merah-Putih dan tentunya ini bukang langkah awal yang mudah dari petualangan yang sejak awal diprediksi memang akan sangat sulit.

Indonesia tergabung dalam Grup D yang statistik membuktikan adalah salah satu kumpulan paling berat di Piala Asia 2023.

Jika dihitung dari rata-rata peringkat FIFA para penghuninya, maka Grup D memiliki median 80,0. Hanya Grup B (71,5) yang berisikan Australia, Uzbekistan, Suriah, dan India yang secara matematis lebih ketat.

Tidak heran mengingat selain Indonesia (146), mereka yang bersaing di Grup D adalah negara dari 100 besar peringkat dunia.

Baca juga: Remuk di 3 Uji Coba, Shin Tae-yong Masih Yakin Indonesia Gebuk Jepang

Jepang (17) bahkan masuk ke dalam 20 besar yang mana juga favorit teratas untuk juara di Qatar.

Irak (63) dan Vietnam (94) juga sama sekali bukan lawan kecil mengingat mereka pun adalah raksasa di regional masing-masing di benua kuning.

Maka dari itu tidak masuk akal bila kemudian pendukung Indonesia memberikan target tinggi bagi Shin Tae-yong dan anak-anak asuhnya.

Terutama karena tidak ada satupun pemain Tim Garuda yang punya pengalaman bermain di kompetisi setinggi Piala Asia mengingat rataan usia mereka pun juga jadi yang termuda di antara 24 kontestan lain, 24,03 tahun.