Sunday, July 07, 2024

www.SportCorner.id - Jepang akan jadi lawan terberat sejauh ini timnas Indonesia di Piala Asia 2023 namun bila lolos ke 16 mereka sudah ditunggu rintangan yang tak kalah sulit.

Salah satu dari Yordania, Bahrain, Qatar, Uzbekistan, Australia, dan Korea Selatan berpotensi menjadi lawan Tim Garuda sehingga ibarat usai kabur dari mulut buaya, giliran mulut harimau dimasuki.

Bagan Piala Asia 2023 menunjukkan bahwa di situasi normal maka juara dari Grup E akan menghadapi runner-up dari Grup D.

Saat ini pemuncak Grup E masih belum ditentukan. Baik Yordania, Bahrain, dan Korsel masih bisa lolos sebagai juara kumpulan tergantung dari hasil matchday terakhir.

Indonesia berpeluang menjadi runner-up Grup D meski peluangnya jujur saja cukup kecil karena harus mengalahkan Jepang pada Rabu (24/1/2024) esok hari.

Baca juga: Mental Juara Justin Hubner, Kekuatan Jepang Tak Buat Indonesia Minder

Bila nantinya lolos ke 16 besar dengan predikat salah satu tim peringkat ketiga terbaik di fase grup, Indonesia juga bisa menghadapi Qatar selaku tuan rumah serta juara Grup A.

Ada juga kans bertemu dengan juara Grup B yang bisa berarti Australia maupun Uzbekistan namun tidak seperti Qatar, mereka belum mengunci status tersebut.

Timnas Indonesia merupakan tim dengan peringkat FIFA terendah di Piala Asia 2023 yakni 146. Dibandingkan dengan keenam negara tadi yang masuk dalam 85 besar, anak-anak asuh Shin Tae-yong sama sekali belum ada apa-apanya.