Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Sebagai atlet bulutangkis dunia, menguasai bahasa Inggris mempunyai banyak manfaat.

Kebanyakan pebulutangkis asal Jepang, China, dan Korea tidak bisa berbahasa Inggris. Jadi, setiap sesi wawancara, mereka ditemani penejemah.

Tak hanya itu, pebulutangkis Indonesia pun sama. Mereka lebih memilih melakukan wawancara dengan bahasa Indonesia saat ditanya wartawaan asing.

Belakangan mulai ada beberapa atlet Indonesia yang sudah percaya diri diwawancara menggunakan bahasa Inggris, seperti Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Teranyar, spesialis ganda campuran asal China, Zheng Si Wei sudah menguasai bahasa Inggris. Setiap sesi wawancara dengan wartawan asing, dia mampu meladeni tanpa penerjemah.

Zheng Si Wei menyebut, alasannya ingin menguasai bahasa Inggris karena sangat penting dalam berkomunikasi. Bukan hanya saat wawancara, tapi juga komunikasi dengan atlet Eropa.

"Keuntungan bisa bahasa Inggris sebagai pebulutangkis salah satunya adalah seperti ini, harus menghadapi wawancara setelah pertandingan," ujar Zheng Si Wei, ditemui SportCorner.id di mixed zone, usai pertandingan di Indonesia Masters 2024, Rabu (24/1/2024).

[Baca Juga: Jadwal Indonesia Masters 2024 Hari Ketiga, 25 Januari]

"Tentu akan lebih enak menggunakan bahasa Inggris ketika wawancara (dengan wartawan asing)," kata atlet yang berpasangan dengan Huang Ya Qiong itu.