Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia resmi menjadi tim terakhir yang memastikan langkahnya menuju 16 besar Piala Asia 2023 pada Kamis (25/1/2024).

Hasil imbang 1-1 yang terjadi di laga Grup F antara Kirgistan vs Oman membuat Tim Garuda lolos ke fase knock out sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Dalam kategori tersebut ada juga Yordania (Grup E), Palestina (Grup C), dan Suriah (Grup B) sementara Oman (Grup F), dan China (Grup A) harus tereliminasi.

Dengan ini lengkap sudah 16 tim untuk 16 besar Piala Asia 2023. Timnas Indonesia sendiri sebelumnya belum pernah melaju sejauh ini dengan fase grup jadi langkah terjauh mereka di empat keikutsertaan sebelumnya.

Dari jalur reguler menuju 16 besar ada Qatar dan juga Tajikistan. Qatar yang bertindak sebagai tuan rumah punya langkah sempurna dengan tiga kemenangan dari tiga laga fase grup plus belum sekalipun kebobolan.

Baca juga: Terpeleset di Laga Akhir Grup E, Korsel & Yordania Takut Jumpa Jepang?

Sementara Grup B diwakili dua favorit teratas yakni Australia dan Uzbekistan. Australia akan menjadi lawan timnas Indonesia di 16 besar nanti.

Iran dan Uni Emirat Arab melaju dari Grup C. Layaknya Qatar, Iran juga mempertahankan tren 100% kemenangan di fase grup.