Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Fase grup Piala Asia 2023 resmi berakhir dan dari empat wakil ASEAN yang ikut ke Qatar, hanya timnas Indonesia dan Thailand yang lolos ke 16 besar.

Sementara itu Vietnam dan Malaysia harus menghentikan langkah mereka setelah tiga pertandingan saja meski masih meninggalkan sejumlah catatan positif.

1. Indonesia

Indonesia menjadi tim terakhir yang memastikan lolos ke 16 besar usai menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik. Kendati demikian hal ini diraih dengan kerja keras luar biasa.

Tergabung dalam Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam yang membentuk grup tersulir di Qatar, Tim Garuda masih bisa merebut tiga poin dan dalam prosesnya tidak pernah absen mencetak gol di tiap laga fase grup.

Ini adalah kali pertama Indonesia bisa mencatatkan hal tersebut. Statistik yang apik untuk menemani fakta bahwa di 2023 jadi kali pertama mereka pun lolos ke 16 besar Piala Asia.

Baca juga: Indonesia ke 16 Besar Piala Asia, Kocaknya Pemain Bongkar Koper Lagi

Dua jempol semakin layak diacungkan karena skuad yang dibawa Shin Tae-yong adalah yang termuda dari 24 negara peserta yakni 24,03 tahun serta datang sebagai tim dengan peringkat FIFA terendah pula.

2. Thailand