Sunday, September 08, 2024

www.SportCorner.id - Ademola Lookman menjadi bintang dalam laga 16 besar Piala Afrika 2023 antara Nigeria vs Kamerun, Minggu (28/1/2024), yang berakhir 2-0.

Striker milik Atalanta tersebut memborong semua gol kemenangan The Super Eagles sekaligus menggendong negaranya melaju ke babak perempat final.

Secara penguasaan bola, Kamerun sebenarnya lebih unggul ketimbang Nigeria di Stade Felix Houphouet-Boigny karena bisa mendominasi nyaris 60% possesion baik di babak pertama maupun babak kedua.

Akan tetapi The Indomitable Lions kurang tajam saat melakukan penyelesaian akhir. Lini depan yang dikomando Frank Magri tidak bisa melepas satupun tembakan tepat sasaran selama 90 menit lebih.

Ditambah lagi Nigeria juga nyaman bermain lebih menunggu. Justru mereka tampil efektif dengan akurasi tembakan 50% dari total delapan percobaan.

Baca juga: Kalah Memalukan di Barcelona vs Villarreal, Xavi Umumkan Mundur!

Gol pertama Lookman tercipta di menit ke-36 bermula dari kesalahan bek Kamerun melindungi bola dari pressing Victor Osimhen.

Osimhen bisa melakukan intersep di area berbahaya dan menciptakan situasi 2-on-2 dan tanpa kesulitan memberi assist pada Lookman.

Tembakannya sempat ditepis kiper Fabrice Ondoa namun si kulit bundar terlalu licin dan tetap masuk melewati garis gawang.