Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Australia vs Indonesia akan membuka gelaran 16 besar Piala Asia 2023 pada hari ini, Minggu (28/1/2024), pukul 18.30 WIB.

Meski jauh diunggulkan, namun The Socceroos enggan memandang remeh Tim Garuda terutama dengan progres rebuild bersama pemain muda yang dicanangkan pelatih Shin Tae-yong.

Sejak 2020 dimana Shin Tae-yong mulai menjabat sebagai juru taktik, timnas Indonesia tidak diragukan lagi memang mengalami perkembangan. Tidak cepat namun tetap bisa dilihat hasilnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu belum bisa menghadirkan trofi namun ia perlahan membentuk core baru bagi Merah-Putih dengan mengandalkan pemain-pemain belia.

Hasilnya timnas Indonesia dibawa sekali ke final Piala AFF 2020 dan yang paling membanggakan adalah kelolosan ke putaran final Piala Asia 2023 via jalur kualifikasi.

Baca juga: Australia vs Indonesia, Baggott & Pattynama Bakal Hadapi Rekan Seklub

Sudah 16 tahun lamanya mereka tidak ikut serta di ajang empat tahunan tersebut dan di empat partisipasi sebelumnya paling banter cuma berhenti di fase grup.

Maka dari itu Shin Tae-yong layak dielu-elukan karena membawa Indonesia sampai ke 16 besar. Padahal bekalnya adalah skuad dengan rataan usia termuda (24,03) ditambah rangking FIFA terendah (149).