Sunday, September 08, 2024

www.www.SportCorner.id - Perjalanan timnas Indonesia di Piala Asia 2023 resmi berakhir usai langkah mereka dihentikan Australia pada babak 16 besar Minggu (28/1/2024) kemarin.

Meski euforia pencapaian target lolos ke fase gugur untuk kali pertama masih terasa, namun PSSI sebaiknya mulai memantapkan fokus pada tujuan baru yakni Piala Asia 2027 di Arab Saudi.

Kualifikasi menuju Piala Asia 2027 sebenarnya sudah berlangsung bersamaan dengan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Saat ini Indonesia sudah memasuki putaran kedua dan tergabung dalam Grup F bersama Irak, Vietnam, dan juga Filipina.

Meski bukan kumpulan yang berat di atas kertas namun pada kenyataannya Tim Garuda masih jadi juru kunci setelah melewati dua dari enam pertandingan terjadwal.

Baca juga: Australia 4-0 Masuk Rekor Kekalahan Terburuk Indonesia di Piala Asia

Indonesia baru mengantongi satu poin dan bersama dengan Filipina. Untuk bisa lolos ke Piala Asia 2027 yang dibutujkan adalah status juara grup atau setidaknya runner-up.

Sekalipun gagal kans menuju Saudi tidak akan lantas tertutup. Masih ada jalur putaran ketiga yang mana juga Merah-Putih lewati untuk menuju Piala Asia 2023.

Hanya saja jika langsung lolos via putaran kedua, maka timnas Indonesia juga akan menjaga peluang untuk melaju babak selanjutnya kualifikasi Piala Dunia 2026.