Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Per Kamis (1/2/2024) hari ini babak 16 besar Piala Asia 2023 telah rampung digelar dan sebanyak delapan tim sudah memastikan tempat di perempat final.

Mereka yag lolos ke perempat final sebagian besar adalah para raksasa favorit namun ada juga sejumlah negara yang berstatus kuda hitam.

Tidak ada lagi nama wakil Asia Tenggara usai timnas Indonesia dan Thailand tersingkir di 16 besar setelah semula mengirimkan empat peserta ke putaran final termasuk Vietnam juga Malaysia.

Setidaknya masih ada sejumlah catatan positif yang terukir. Salah satunya bagaimana Indonesia untuk kali pertama melangkah ke fase gugur Piala Asia dalam sejarah mereka.

Tanpa negara ASEAN, gelar underdog terbawah saat ini dipastikan jadi milik Tajikistan. The Crowns adalah debutan di Piala Asia namun di edisi 2023 kali ini mereka bisa melaju sampai delapan besar.

Baca juga: Statistik Pertandingan Man City vs Burnley, The Citizens Salip Arsenal

Lawan mereka di ronde selanjutnya adalah Yordania yang untuk kali ketiga lolos ke perempat final. Jika menang dan ke semifinal, maka Musa Al-Taamari dan kolega bakal memiliki milestone baru di kompetisi tertinggi benua kuning.

Di tempat lain akan ada big match antara Australia vs Korea Selatan. The Socceroos dan Taegeuk Warriors sama-sama langganan Piala Dunia dan difavoritkan untuk bicara banyak di Piala Asia 2023.