Sunday, September 08, 2024

www.SportCorner.id - Iran meraih kemenangan brilian atas Jepang di perempat final Piala Asia 2023 pada Sabtu (3/2/2024) dengan skor tipis 2-1.

Dengan ini rekor pelatih mereka, Amir Ghalenoei, yang belum terkalahkan di periode keduanya menukangi The Lions of Persia masih belum terusik.

Menghadapi Iran di Education City Stadium, Jepang sebenarnya bisa unggul lebih di babak pertama lewat gelandang mereka yakni Hidemasa Morita.

Hanya saja Iran mampu bangkit di paruh kedua dan bisa menyamakan skor hanya lima menit pasca restart via Mohammad Mohebi.

Alireza Jahanbakhsh kemudian menjadi pahlawan comeback dari Singa Persia di masa injury time dengan eksekusi penaltinya sekaligus mengirim Jepang angkat koper dari Qatar lebih cepat dari prediksi semula.

Baca juga: Disingkirkan Iran, Jepang Perpanjang Puasa Titel Piala Asia

Kini Iran punya kans untuk kembali menjadi juara Piala Asia usai kali terakhir angkat trofi pada 1976 silam ketika turnamen masih menggunakan format enam tim.

Iran juga berpeluang menyamai rekor Jepang sebagai juara terbanyak ajang empat tahunan ini. The Blue Samurai sejak 2011 jadi tim paling dekoratif dengan empat titel.

Semua ini jelas tidak bisa lepas dari peran Ghalenoei sebagai nakhoda tim. Pria 60 tahun itu punya rekor luar biasa sejak menangani Iran per 20 Maret 2023 lalu yakni 16 laga tanpa kekalahan.