Saturday, July 13, 2024

www.SportCorner.id - Memasuki babak semifinal, seluruh tim yang mengalahkan timnas Indonesia di Piala Asia 2023 telah dipastikan tidak ada yang bertahan.

Langkah Tim Garuda sendiri terhenti di fase 16 besar setelah takluk 0-4 dari Australia, 28 Januari 2024 lalu. Meski tumbang, setidaknya rekor lolos ke babak knock out untuk kali pertama sukses dicatatkan.

Sebelum berjumpa dengan Australia, timnas Indonesia terlebih dahulu melakoni tiga pertandingan di fase grup kontra Irak, Vietnam, dan Jepang.

Tim asuhan Shin Tae Yong menelan kekalahan dengan skor identik 1-3 dari Irak dan Jepang di putaran pertama. Praktis hanya Vietnam satu-satunya lawan yang dikalahkan dengan skor 1-0.

Menariknya ketiga tim penakluk yaitu Jepang, Australia, juga Irak sudah harus angkat koper mengikuti langkah Justin Hubner dan kolega.

Baca juga: Disingkirkan Iran, Jepang Perpanjang Puasa Titel Piala Asia

Jepang menjadi tim terakhir yang bertahan di Qatar namun tetap harus pulang usai takluk 2-1 dari Iran pada babak perempat final Piala Asia 2023, Sabtu (3/2/2024) malam WIB.

Sedangkan Australia juga terhenti di babak yang sama sehari sebelumnya. The Socceroos yang sebenarnya juga salah satu favorit harus mengakui keunggulan Korea Selatan.