Tuesday, September 10, 2024

www.SportCorner.id - Dengan menyingkirkan Iran di semifinal pada Rabu (7/2/2024) malam, Qatar berkesempatan untuk melangkah ke partai puncak Piala Asia 2023.

Sebagai tuan rumah, The Maroons jelas difavoritkan untuk mempertahankan mahkota benua kuning yang sudah mereka kenakan sejak 2019 namun mereka tidak bisa serta merta merasa jemawa.

Fenomena juara bertahan kembali jadi juara bukan hal langka di Piala Asia dengan sudah ada empat negara yang melakukannya namun belakangan tren tersebut memudar.

Sejak Jepang di 2000 dan 2004, belum ada lagi tim yang mampu menjuarai dua edisi beruntun. Ini bisa jadi sinyal bahaya bagi Qatar meski mereka jelas lebih diunggulkan ketimbang Yordania, lawan mereka di final nanti, yang sebelum ini belum pernah melaju lebih jauh delapan besar.

Qatar sendiri tampil begitu apik melawan Iran di semifinal. Meski sempat tertinggal lebih dulu dan juga kehilangan keunggulan namun anak-anak asuh Tintin Marquez tetap mampu membekuk Singa Persia 2-3.

Baca juga: Statistik Pertandingan Iran vs Qatar, Tuan Rumah ke Final Lagi!

Iran berhasil unggul lebih dulu lewat penyerang mereka Sardar Azmoun saat laga baru memasuki menit keempat. Dari jarak dekat, bintang AS Roma itu melakukan tendangan salto untuk membuat publik Qatar terdiam.