Tuesday, September 17, 2024

www.www.SportCorner.id - Maarten Paes diisukan bisa batal memperkuat timnas Indonesia usai tidak memenuhi syarat dari FIFA mengenai pergantian kewarganegaraan.

Jika skenario terburuk jadi nyata, maka PSSI bisa beralih pada dua kiper keturunan Eropa lain yakni Daniel Klein dan Dani van den Heuvel.

Kabar kurang sedap mengenai akan gagalnya proses naturalisasi Paes merebak pada Jumat (9/2/2024) usai akun @idn_abroad dan @FT_IDN di Twitter/X yang giat membahas isu pemain keturunan Indonesia menemukan adanya potensi bencana tersebut pada perubahan eligibility rule FIFA.

Per September 2020 lalu rupanya disebutkan oleh FIFA bahwa seorang pemain masih bisa membela timnas negara baru asalkan tidak memainkan pertandingan level apapun bersama negaranya yang sekarang sebelum usia 21 tahun.

Masalahnya Paes masih membela Belanda U-21 dalam pertandingan melawan Belarusia U-21 pada 15 November 2020 silam atau hanya sekitar dua bulan usai rule anyar FIFA di atas berlaku.

Baca juga: Masalah Kecil Ini Buat Maarten Paes Bisa Batal Bela Timnas Indonesia!

Saat itu sang penjaga gawang sudah berusia 22 tahun mengingat hari lahirnya adalah 14 Mei 1998. Ini yang bisa menjadi penghalan jalan Paes membela timnas Indonesia meski tidak menghilangkan haknya untuk menjadi WNI.