Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Wakil Indonesia yang lolos ke Olimpiade 2024 Paris bertambah. Lifter Rizki Juniansyah mendapatkan tiket lolos ke Paris 2024 usai tampil di IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand.

Rikzy yang turun di kelas 73, berhasil meraih angkatan snatch 164kg dan 201kg untuk clean and jerk dengan total angkatan 365kg.

Pelatih Timnas Angkat Besi, Dirja Wiharja mengatakan, Rizki mampu mengalahkan Rahmat Erwin baik snatch, clean and jerk maupun total angkatan.

Selain lolos ke Olimpiade, Rizki juga berhasil membuat catatan rekor dunia baru untuk angkatan total yang sebelumnya diraih Rahmat Erwin lewat 363kg di Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Tashkent, Uzkbekistan.

"Aturan Olimpiade itu satu kelas hanya boleh diisi oleh satu atlet dari satu negara yang diambil dari yang terbaik di total angkatannya itu Rizky," kata Dirja dalam rilis NOC Indonesia, Jumat (5/4/2024).

Baca juga: Tambah Satu Lagi, Sudah 11 Atlet Indonesia Lolos ke Olimpiade 2024

Rizki mengaku tidak menyangka bisa lolos ke Olimpiade 2024 Paris mewakili Indonesia. Apalagi Rizky sempat vakum latihan selama lima bulan setelah menjalani operasi.

"Alhamdulillah tidak menyangka bisa sesenang ini. Semua karena kuasa Allah. Perjuangan di latihan dan setelah operasi usus buntu tidak latihan lima bula bisa fight di sini," kata Rizky.