Sunday, September 08, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia baru akan menjalani debutnya di putaran final Piala Asia U-23 pada edisi 2024. Soal pengalaman, mereka kalah jauh dari negara Asia Tenggara lain.

Vietnam salah satu yang menyoroti hal tersebut. Timnas junior mereka kebetulan merupakan wakil ASEAN terbaik di ajang kelompok umur paling bergengsi benua kuning buatan AFC ini.

Ada empat negara Asia Tenggara yang berhasil lolos ke Piala Asia U-23 2024 yakni Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Ini adalah sesuatu yang baru pertama kali terjadi mengingat biasanya yang mendominasi adalah mereka yang berasal dari Asia Timur maupun Asia Barat.

Salah satu media Vietnam, Soha, mengulas prestasi keempat negara tersebut di panggung Piala Asia U-23 dan satu-satunya yang belum punya pengalaman menembus putaran final hanya Indonesia.

Baca juga: Timnas Indonesia U-23 Diprediksi Bisa Lebih Merana Hadapi Uzbekistan

Thailand dan Vietnam sama-sama ikut di empat dari total enam edisi yang telah digelar sedangkan Malaysia sudah dua kali menjadi peserta.

The Golden Star Warriors muda bahkan sempat mengejutkan dunia ketika sukses menjadi runner-up pada 2018 yang jadi debut mereka.