Saturday, October 05, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia tidak hanya datang sebagai debutan tunggal saja ke Piala Asia U-23 2024 yang dihelat di Qatar mulai 15 April mendatang.

Rupanya skuad asuhan Shin Tae-yong tersebut juga akan bertarung dengan label sebagai skuad termuda di antara 16 kontestan putaran final.

Pada Kamis (11/4/2024) lalu sudah terpilih 23 nama yang masuk dalam susunan pemain pamungkas untuk kebutuhan Piala Asia U-23 2024 pasca dijalani seleksi yang libatkan 28 pemain.

Data dari Transfermarkt menunjukkan jika rata-rata usia timnas Indonesia U-23 ada di angka 20,7 tahun. Penggawa tertua di skuad ini adalah kiper panggilan dari PSIS Semarang yakni Adi Satryo, kelahiran 7 Juli 2001, yang berusia 22 tahun.

Sementara itu predikat pemain termuda digondol sayap belia Persija Jakarta, Donny Tri Pamungkas, yang belum lama genap berusia 19 tahun 11 Januari 2024 lalu.

Baca juga: Bawa Skuad Level Senior ke Piala Asia U23, Timnas Indonesia Dipuji AFC

Transfermarkt juga menunjukkan bahwa tidak ada negara dengan rataan usia lebih rendah ketimbang Indonesia sejauh ini mengingat masih ada yang belum mendaftarkan skuad resmi mereka untuk Piala Asia U-23 2024.

Yang paling terdekat adalah Qatar (20,8) dan Tajikistan (20,9). Sementara itu khusus untuk wakil Asia Tenggara, Vietnam jadi rival paling dempet dengan rataan 21,0 tahun.

Arab Saudi dan Kuwait sama-sama jadi negara dengan pemain-pemain tertua di kisaran 21,7 tahun. Mereka unggul tipis di atas Jepang dan Irak yang kompak mengirim skuad berusia 21,6 tahun.

Bukan hal mengherankan memang terutama bagi Saudi mengingat core atau penggawa inti dari skuad ini sudah dibentuk sejak dua tahun lalu.

Banyak pemain yang sudah tergabung dalam skuad U-23 mereka untuk Piala Asia U-23 2022 lalu dimana The Green Falcon muda keluar sebagai juara dengan mengalahkan Uzbekistan di final.

Baca juga: Erick Thohir Jumpa Moratti, Netizen Sebut-sebut Emil Audero

Kembali membahas timnas Indonesia, meski jadi yang paling junior di kompetisi kelompok umur ini namun mereka tidak perlu minder terutama dengan pengalaman segudang yang dimiliki.

Sejumlah pemain saat ini sudah berhasil menembus level senior dan setidaknya ada 11 nama dengan full caps. Mereka adalah Adi Satryo, Ernando Ari, Ivar Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Rafael Struick, dan Hokky Caraka.

Ini jelas jadi modal berharga bagi timnas Indonesia yang mentargetkan bisa lolos ke perempat atau bahkan semifinal Piala Asia U-23 2024. Berikut daftar rataan usia lengkap para negara peserta.

  1. Indonesia (20,7 tahun)