Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan pertama di Piala Asia U-23.

Dalam pertandingan yang digelar di Abdullah bin Khalifa, Kamis (18/4/2024) malam WIB, skuat Garuda Muda menang dengan skor 1-0.

Satu-satunya gol kemenangan Indonesia dicetak Komang Teguh. Di laga ini, bisa dibilang kiper Ernando Ari sebagai man of the match.

Selain banyak menggagalkan serangan Australia, Ernando menjadi pahlawan dengan menepis tendangan penalti Australia.

Ini adalah kemenangan pertama skuat Garuda Muda setelah di laga perdana kalah 0-2 lawan Qatar.

[Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Pecah Telur Lawan Australia]

Di laga itu, Indonesia bermain dengan sembilan pemain setelah Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta dikartu merah wasit Nasrullo Kabirov yang mendapat sorotan.

Wasit asal Tajikistan itu menuai kontroversi karena memberikan kartu kuning kedua pada Ivar Jenner di awal babak kedua. Dalam tayang ulang, Jenner tak melakukan pelanggaran.

Kemudian, wasit memutuskan tak menggunakan bantuan VAR untuk melihat apakah memang terjadi pelanggaran dan layak mendapat kartu merah.

Lalu, Kabirov juga menuai kontroversi saat memberikan penalti di babak pertama. Awalnya, dia tak memberikan penalti. Tapi, setelah menggunakan VAR, dia menunjuk titik putih.

Jika dilihat dari tayang ulang, Rizky Ridho tak melakukan pelanggaran dengan sengaja karena matanya tertuju pada bola, bukan pemain lawan.