Friday, July 05, 2024

www.SportCorner.id - Menukangi timnas Indonesia di berbagai level sejak 2020, Shin Tae-yong telah menuai sukses besar kendati belum bisa mempersembahkan trofi juara.

Diyakini prestasi tersebut membuatnya bisa dilirik kembali oleh Korea Selatan, negara asalnya, untuk dijadikan pelatih kepala mereka lagi.

Posisi nakhoda Korsel senior memang tengah kosong paska pemecatan Jurgen Klinsmann pasca Piala Asia 2023 lalu.

Untuk sementara Hwang Sun-hong ditunjuk sebagai caretaker oleh pihak federasi namun dipercaya pencarian pada manajer tetap terus berlangsung dengan prioritas nama lokal.

STY, sapaan akrab Shin Tae-yong, sendiri bukan sosok asing bagi Korsel mengingat ia sempat mengisi banyak posisi di sana seperti pelatih timnas junior, asisten pelatih, caretaker, sampai juga pelatih kepala.

Baca juga: Indonesia ke 8 Besar Piala Asia U-23, Tiada Celah PSSI untuk Pecat STY

Prestasi terbaiknya adalah membawa Taegeuk Warriors ke Piala Dunia 2018 dan meski cuma sampai fase grup, namun mereka mampu menggebuk Jerman sang juara bertahan dalam prosesnya.

Tidak heran jika kemudian KFA tertarik untuk menggoda STY pulang terutama karena sudah dikecewakan pelatih-pelatih asing yang digaet untuk menggantikannya.