Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Pemain keturunan Dleanu Arts mengaku siap menjadi WNI andai dibutuhkan untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Sejak era kepelatihan Shin Tae-yong, banyak pemain keturunan asal Belanda yang memperkuat Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea itu hanya mau melakukan naturalisasi pemain yang punya darah Indonesia.

Sudah banyak pemain keturunan yang akhirnya menjadi tulang punggung timnas Indonesia, mulai dari Ivar Jenner, Rafael Struick, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ragnar Oratmangoen, hingga Thom Haye.

Masih ada banyak pemain keturunan Indonesia yang bermain di Belanda. Salah satunya adalah Dleanu Arts. Saat ini, dia bermain di klub NEC Nijmegen yang berkompetisi di kasta tertinggi, Eredivisie.

Dleanu punya darah keturunan Indonesia dari ibunya yang berasal dari Gombong. Kakek dan neneknya juga asli dari Indonesia.

[Baca Juga: Pesan Erick Thohir usai Timnas U-23 Tumbang Lawan Uzbekistan]

"Opa dan Omaku berasal dari Indonesia. Jadi mamaku full dari Indonesia," ujar Dleanu, dalam wawancara di channel YouTube, Yussa Nugraha, Senin (29/4/2024).

Dleanu mengaku belum pernah pergi ke Indonesia, tapi dia selalu ingin berkunjung ke negara leluhur sang ibu.

"Belum pernah ke Indonesia, tapi saya selalu bilang pengen ke sana. Tapi sayangnya belum ada waktu untuk liburan ke sana," kata pemain berusia 20 tahun itu.