Thursday, July 04, 2024

www.SportCorner.id Angka kecelakaan yang melibatkan truk menempati posisi kedua (10%) dari total kecelakaan di jalan raya. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama mengemudikan truk.

Sebagai salah satu produsen kendaraan niaga besar yang masuk kategori MHDT (Medium-High Duty Truck), seperti Mercedes-Benz Axor, PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) memaparkan sejumlah kiat berkendaran aman untuk mencegah kecelakaan.  

Sebelum itu, perlu diingat bahwa penyebab kecelakaan bisa dari beberapa hal, seperti kondisi jalan, kondisi truk yang tidak layak, hingga cuaca.

Baca juga: Tips Mengatur Arah Semprotan Air Wiper

Selain itu ada juga dari faktor pengemudi, misalnya kelelahan atau kondisi yang tidak fit. Salah satu penyebabnya bisa akibat posisi mengemudi yang tidak nyaman dan tidak ergonomis.

Karena posisi ergonomi tiap pengemudi berbeda-beda, berikut adalah hal-hal yang dapat disiapkan dan diperhatikan oleh pengemudi ketika akan mengendarai unit truk Mercedes-Benz Axor:

Cara menaiki kendaraan

Penting bagi pengemudi untuk memahami bagaimana posisi tepat untuk menaiki berbagai seri truk Mercedes-Benz Axor. Yang harus diperhatikan, pengemudi harus memastikan pintu terbuka dengan posisi 90 derajat.