Wednesday, August 07, 2024

www.SportCorner.id - Berikut adalah hasil balapan Formula 1 (F1) GP Inggris 2024 yang digelar Minggu (7/7/2024) malam WIB dimana Lewis Hamilton keluar sebagai pemenang di kandang.

Mengungguli Max Verstappen dan Lando Norris, juara dunia tujuh kali tersebut akhirnya naik ke podium pertama setelah harus menanti selama tiga tahun.

Hamilton kali terakhir memenangkan sebuah seri pada F1 GP Saudi pada musim 2021 lalu. Sedangkan kemenangan terbarunya di sirkuit Silvertsone juga datang di tahun yang sama.

Tidak berhenti sampai di situ, Hamilton juga menegaskan jika ia adalah raja GP Inggris dengan sukses hari ini.

Total sembilan kemenangan sudah dicatatkan pria 39 tahun tersebut dan tidak pernah ada driver dengan rekor sedominan ini dalam satu lintasan.

Baca juga: Hasil MotoGP Jerman 2024: Crash Martin Menangkan Bagnaia, Marquez P2!

Sejak awal trio pembalap Inggris yakni George Russell, Lewis Hamilton, Lando Norris memang sudah diprediksi akan punya balapan apik di home circuit mereka meski ada ancaman besar dari Max Verstappen.

Ketiganya bahkan menguasai tiga grid terdepan dan sempat pula melaju berurutan di tengah race namun All England Podium gagal mereka wujudkan.

Russell harus rela tidak ikut finis setelah mobilnya mengalami masalah pada water system pada putaran ke-34.

Mercedes pun meminta agar Russell retire saja dan tentunya ini pukulan luar biasa bagi sang driver yang mengincar kemenangan kedua beruntun setelah jadi yang tercepat di Austria pekan lalu.

Setidaknya Mercedes bisa tetap melakukan selebrasi pekan ini dengan sukses Hamilton.

Baca juga: Update Klasemen MotoGP 2024: Bagnaia ke Puncak, Marquez Kokoh di Big 3

Ini bisa menjadi salah satu memori termanis di musim terakhir mereka bersama sang driver kharismatik. Pada F1 2025 mendatang Hamilton sudah berkomitmen pada Ferrari dengan meneken kontrak multi-year.

Semakin manis dengan bobroknya performa tim lain pada balapan kali ini dengan Carlos Sainz jadi satu-satunya pembalap Ferrari yang finis lima besar.

Charles Leclerc mengalami problem dan menyudahi race di peringkat 14. Demikian pula Sergio Perez, rekan Verstappen di Red Bull yang juga tercecer di urutan 17.

Berikut ini adalah hasil F1 GP Inggris 2024 selengkapnya.

1. Lewis Hamilton - Mercedes AMG Petronas F1 Team