Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Josep Ferre selaku pelatih Filipina memuji langkah Indonesia dalam melakukan pembibitan pemain usia dini jelang pertemuan kedua negara di Piala AFF U-19 2024.

Saat ini Filipina belum memiliki sistem yang optimal untuk regenerasi pemain dan berharap bisa meniru langkah dari Indonesia.

Ferre memang tidak asing dengan iklim sepakbola Indonesia mengingat ia sempat bekerja sebagai asisten pelatih Persis Solo, klub Liga 1, pada medio 2023 hingga awal tahun ini.

Dari sana ia sedikit belajar tentang bagaimana cara Indonesia membina pemain muda yang meski masih jauh dari kata sempurna namun setidaknya bisa dijadikan percontohan bagi Filipina.

"Saya sangat kaget dan ini," kata Ferre dalam artian yang bagus," beber Ferre dalam konferensi pers di Surabaya, Selasa (16/7/2024).

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Fase Grup Piala AFF U-19 2024: Wajib Juara

"Hasil dari progran Indonesia tidak akan terlihat di Piala AFF U-19 ini, tetapi para pemain nantinya bisa bermain untuk timnas Indonesia senior," sambungnya.

"Ketika saya datang ke Filipina tiga bulan lalu, saya bilang kepada presiden kami bahwa kita harus memperhatikan apa yang dijalankan Indonesia," ujar pria asal Spanyol itu lagi.

"Karena mereka sedang melakukan aksi nyata untuk pengembangan pemain muda. Di Filipina, kami belum mencapai level seperti ini di PFL atau pembinaan sepak bola kelompok umur," imbuh sosok yang akrab disapa Coco itu.