Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) bergerak cepat dengan menunjuk pelatih baru setelah kepergian Kim Pan Gon.

Kim Pan Gon memutuskan mundur dari jabatannya dari pelatih Timnas Malaysia usai gagal lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Pan Gon sudah berjumpa dengan pengurus FAM yang menyatakan niat beliat untuk memutus masa kontraknya," ujar Wakil Presiden FAM, Wira Mohd Yusoff Haji Mahadi, dikutip dari The Star, Selasa (16/7/2024).

Upaya FAM membujuk Kim Pan Gon untuk tetap melatih Timnas Malaysia tak membuahkan hasil.

"Pada akhirnya, pengurus dan Komite Eksekutif FAM menghormati keputusan beliau dan menyetujui melepaskan Kim Pan Gon dengan kesepakatan bersama walaupun beliau masih terikat kontak dengan FAM hingga 2025," katanya.

[Baca Juga: Beda Pernyataan Menpora dan Ketua Umum PSSI soal Nasib Maarten Paes]

Wira Yusoff menyayangkan keputusan Kim Pan Gon. Apalagi dia berhasil membawa Malaysia lolos ke Piala Asia 2023 dan menaikkan peringkat FIFA.

"Tentu saja ini berita menyedihkan dan duka untuk kita semua karena Pan Gon sukses membawa skuat Harimau Malaya lolos ke Piala Asia 2023 dan menaikkan ranking FIFA selama dua tahun beliau memimpin," ungkapnya.

FAM akhirnya menunjuk Pau Marti Vicente sebagai pelatih sementara tim Negeri Jiran. Wira Yusoff mengatakan, yang pergi hanya Kim Pan Gon sementara asisten pelatih yang lain masih bertahan.