Sunday, September 08, 2024

www.SportCorner.id - Berikut adalah hasil kualifikasi Formula 1 (F1) GP Hungaria 2024 yang digelar Sabtu (20/7/2024) malam WIB dimana Lando Norris jadi yang tercepat.

Driver Inggris itu mengungguli rekan setimnya di McLaren, Oscar Piastri, serta rival utama Max Verstappen (Red Bull) yang melengkapi grid terdepan.

Dominasi duo McLaren yang memang sudah terlihat sejak sesi latihan rupanya bukan cuma ilusi belaka dan akhirnya pole position pertama di Hungaroring dalam 12 tahun terakhir pun direbut.

Piastri sendiri hanya tertinggal 0.022 dari Norris meski sepanjang kualifikasi hujan ringan membasahi lintasan.

Sedangkan Verstappen tampak puas dengan upgrade pada RB20 miliknya dengan meraih posisi ketiga usai bergap 0.046 detik dari pole namun tidak Sergio Perez tidak demikian.

Baca juga: Hasil FP F1 GP Hungaria: Norris & Piastri Gacor, McLaren Kunci 1-2

Pembalap kedua Red Bull tersebut masih belum keluar dari sorotan negatif usai menabrak tembok pembatas turn 8 saat menjalani Q1.

Akhirnya Perez pun tidak bisa melaju di sisa kualifikasi dan harus start dari P16 di F1 GP Hungaria.

Lewis Hamilton (Mercedes) yang sempat mengalami spun di FP3 bisa menempati grid kelima diapit dua driver Ferrari, Carlos Sainz dan Charles Leclerc.

Sisa sepuluh besar ditempati oleh duo Aston Martin, Fernando Alonso dan Lance Stroll, lalu Daniel Ricciardo dan Yuki Tsunoda dari RB.

Tsunoda mengalami mimpi buruk di Q3 ketiga mobilnya sempat melayang sebelum menabrak pagar ketika waktu hanya tersisa dua menit saja.

Baca juga: Hasil FP2 F1 GP Hungaria: Norris Ungguli Verstappen, Leclerc Crash

Bendera merah pun dikibarkan pasca insiden driver Jepang tersebut yang beruntung selamat dari cedera dan dinyatakan fit balapan.

Berikut adalah hasil lengkap Kualifikasi F1 GP Hungaria 2024:

1. Lando Norris - McLaren F1 Team (1m17.755s-1m15.540s-1m15.227s)