Sunday, September 08, 2024

www.SportCorner.id - Berikut adalah hasil balapan Formula 1 (F1) GP Hungaria 2024, Minggu (21/87/2024), dimana Oscar Piastri mengklaim kemenangan pertama dalam kariernya.

Rekan setimnya di McLaren, Lando Norris, finis di posisi kedua diikuti oleh Lewis Hamilton dari Mercedes.

Ini adalah kali pertama McLaren bisa mengunci P1 dan P2 dalam sebuah seri F1 semenjak GP Italia 2021 silam.

Kala itu Daniel Ricciardo yang menjadi pemenang dan Norris lagi-lagi menjadi yang kedua.

Sejak sesi latihan juga kualifikasi, McLaren memang sudah dominan dan bahkan mengunci start dari dua grid terdepan pula.

[Baca juga: Hasil Race 2 WorldSSP300 Ceko, Aldi Satya Naik Podium Lagi]

Bagi Piastri, ini adalah hasil bersejarah karena merupakan podium tertinggi perdananya sejak debut di F1 pada 2023 lalu.

Kini driber 23 tahun asal Australia tersebut sudah tiga kali finis tiga besar di F1 2024 pasca suksesnya menjadi runner up GP Monaco dan GP Austria.

Driver Red Bull sekaligus juara bertahan, Max Verstappen, harus puas finis di P5 di belakang Charles Leclerc (Ferrari) setelah race weekend yang berjalan kurang mulus.

Perdebatan dengan mekanik dan timnya sendiri plus insiden kontak dengan Hamilton buatnya kesulitan untuk mengejar duo Piastri dan Norris.

Verstappen cukup beruntung bisa finis di zona poin setelah tabrakannya dengan Hamilton di lap ke-63 bagian akibatkan bagian belakang mobil RB20 melayang.

[Baca juga: Hasil Lengkap Suzuka 8 Hours, Tim Mario Aji Tembus 10 Besar]

Sedangkan Hamilton meski gagal mengulangi juara seperti saat di GP Inggris dua pekan lalu tetap berhak bangga karena finis P3.

Ini adalah finis podium ke-200 dalam karier sang juara dunia F1 tujuh kali itu. Satu lagi milestone luar biasa yang ia genggam bersama Mercedes sebelum musim depan pindah ke Ferrari.

Berikut ini adalah hasil balapan F1 GP Hungaria 2024 di Sirkuit Hungaroring selengkapnya.

1. Oscar Piastri - McLaren F1 Team