Sunday, September 08, 2024

www.SportCorner.id - Berikut adalah update tabel klasemen sementara Formula 1 (F1) 2024 pasca GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring pada Minggu (21/7/2024) malam WIB.

Meski Oscar Piastri dan Lando Norris berhasil mengunci podium pertama dan kedua sementara dirinya tercecer di P5, namun Max Verstappen masih berdiri di puncak perolehan poin.

Verstappen boleh dibilang nyaris tidak berkutik di F1 GP Hungaria menghadapi duo McLaren yang memang telah dominan sejak kualifikasi.

Driver Red Bull asal Belanda itu bahkan nyaris celaka setelah kontak dengan Lewis Hamilton di penghujung race membuat mobil RB20 miliknya terbang.

Saat ini Verstappen memimpin tabel F1 2024 dengan 265 poin namun usai gagal setelah puasa kemenangan di tiga seri beruntun membuat sang juara dunia tiga kali harus semakin waspada.

Baca juga: Update Klasemen F1 2024 Pasca GP Hungaria: Norris Pepet Verstappen

Pasalnya Norris menempel cukup dekat di peringkat kedua dengan 189 poin disusul para Ferrari, Charles Leclerc (162) dan Carlos Sainz (154).

Piastri yang memenangkan balapan F1 pertamanya sepanjang karier bercokol di peringkat kelima berpegang pada 149 angka.

Pembalap 23 tahun berpaspor Australia itu memang layak menang setelah memimpin sejak awal race.

Di belakang Piastri ada Hamilton yang merayakan podium ke-200 sepanjang karier. Nilai driver Inggris itu kini adalah 125.

Untuk klasemen konstruktor, Red Bull juga dihadapkan pada situasi tidak nyaman dimana lead mereka semakin terkikis dari race ke race.

Baca juga: Hasil Race 2 WorldSSP300 Ceko, Aldi Satya Naik Podium Lagi

Nilai 389 memang cukup menjadikan mereka yang terdepan namun kini McLaren mulai mengejar dengan cepat.

Setelah F1 GP Hungaria dimana finis one-two pertama mereka sejak Italia 2021, Team Papaya sukses neyalip Ferrari untuk menempati tangga kedua.

McLaren hanya berjarak 51 poin saja dari Red Bull dan ungguli Ferrari sebanyak 16 angka.

Red Bull sebaiknya bersikap tegas pada Sergio Perez yang hanya finis P7 di Hungaroring.

Checo sudah absen naik podium GP China pada April tahun ini sehingga Max Verstappen harus sendirian menggendong tim dalam perebutan titel konstruktor.

Baca juga: Hasil Lengkap Suzuka 8 Hours, Tim Mario Aji Tembus 10 Besar

Berikut ini adalah klasemen F1 2024 sementara selengkapnya pasca GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring.

1. Max Verstappen - Oracle Red Bull Racing 265