Sunday, September 08, 2024

www.SportCorner.id - Tren mobil listrik berkembang pesat di kalangan masyarakat yang ditandai semakin banyaknya produk dan model baru mobil listrik yang masuk ke pasar otomotif Indonesia.

Salah satu inti mobil listrik adalah baterai. Secara teknis, umur baterai tidak bisa dihitung berdasarkan tahun karena banyaknya faktor yang bisa mempengaruhi, seperti pola berkendara, cara pengisian daya, dan perawatan baterai.

Untuk itu, Hyundai Gowa membagikan beberapa tips merawat mobil listrik sebagai berikut:

1. Pakai charger asli yang disarankan dari pabrik. Charger asli akan melindungi baterai dari overcharging  dan sesuai dengan spesifikasi baterai.
2. Sebelum mengisi daya, matikan kendaraaan dan semua aksesoris.
3. Hindari pemakaian fast charging terlalu sering karena bisa menyebabkan panas berlebih. Gunakan fast charging hanya jika dalam keadaan darurat. 
4. Jaga kondisi baterai selalu dalam keadaan kering. 
5. Bila mobil tidak digunakan lama di area bersuhu rendah, lepas baterai dan simpan dalam ruangan. Jika kendaraan tidak dipakai untuk waktu yang lama, lepaskan kabel baterai.
6. Jaga suhu baterai tetap stabil, hindari suhu ekstrem atau perubahan suhu secara drastis. Usahakan parkir di tempat teduh. 
7. Periksa baterai secara berkala, Lakukan pemeriksaan rutin di bengkel resmi Hyundai Gowa untuk memastikan kondisi baterai tetap optimal.

Baca juga: 10 Unit All-New Kona Electric Siap Dioperasikan Bluebird di IKN