Monday, September 09, 2024

www.SportCorner.id - Berikut adalah update klasemen sementara Formula 1 (F1) 2024 pasca diskualifikasi George Russell dari podium teratas GP Belgia.

Meski menjadi yang pertama melewati garis akhir Sirkuit Spa-Francorchamps, namun pelanggaran batas berat mobil driver Mercedes tersebut membuatnya harus rela dicoret dan memberikan titel pada Lewis Hamilton.

Praktis keputusan dari FIA ini membuat semua urutan pembalap di GP Belgia yang digelar pada Minggu (28/7/2024) berubah terutama naiknya Charles Leclerc (Ferrari) ke podium ketiga di bawah Oscar Piastri (McLaren).

Satu jam setelah race selesai, FIA menyatakan bahwa mobil dari Russell ternyata berstatus underweight sebanyak 1,5 kilogram.

Padahal Russell menjalani balapan yang terbilang luar biasa di Spa setelah start dari P6.

Baca juga: Hasil F1 GP Belgia 2024: Mercedes Berjaya, George Russell Juara!

Manajemen ban yang apik membuatnya bisa cuma menggunakan satu set ban hard saja untuk 34 putaran.

Maka dari itu sangat disayangkan karena Mercedes sudah salah strategi sehingga membuyarkan sendiri pesta finis 1-2 mereka akhir pekan ini.

Setidaknya Mercedes masih bisa merayakan milestone Hamilton yang memenangkan grand prix ke-105 di F1 sekaligus yang kedua di musim 2024.

Juara dunia tujuh kali tersebut pun menikmati performa konsisten dimana ia selalu podium sejak memutus rentetan tidak pernah menangnya di Silverstone, F1 GP Inggris.

Lewis Hamilton pun kokoh di posisi keenam klasemen sementara F1 2024 dengan genap mengantongi 150 poin. Sedangkan George Russell dua tangga di bawahnya berbekal 116 angka pasca diskualifikasinya.

Baca juga: Jadwal ARRC 2024 Usai Seri Keempat di Sirkuit Mandalika

Pemuncak masih tetap sang juara dunia bertahan, Max Verstappen, dimana pembalap Red Bull itu punya 277 poin yang unggul 78 poin dari Lando Norris di tangga kedua.

Melengkapi lima besar adalah Charles Leclerc, Oscar Piastri, dan kemudian Carlos Sainz. Berikut ini adalah tabel klasemen sementara F1 pasca GP Belgia selengkapnya.

1. Max Verstappen - Oracle Red Bull Racing 277