Wednesday, September 18, 2024

www.SportCorner.id - Mungkin Anda pernah mengalami indikator aki di panel instrumen kendaraan menyala tiba-tiba saat Anda berkendara. Hal ini menunjukkan bahwa ada yang tidak beres pada sistem kelistrikan, terutama pada sistem pengisian daya aki.

Ada beberapa faktor yang membuat indikator aki ini menyala. Mulai dari belt putus, kabel kendur, sekring putus, aki tidak mau terisi, alternator lemah, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menghadapi masalah ini:

1. Segera berhenti
Segera berhenti bila indikator aki menyala. Karena bila ini akibat belt putus, akan merambat ke sistem lainnya, seperti temperatur mesin yang meningkat. Pasalnya sebagian besar pompa air radiator diputar oleh belt. AC juga tidak berfungsi akibat belt putus.

Baca juga: 8 Manfaat Membawa Peralatan Lengkap di Kendaraan

2. Periksa belt alternator
- Periksa belt alternator dan pastikan dalam kondisi baik dan kencang. Sabuk yang kendor atau aus dapat menyebabkan alternator tidak berfungsi dengan baik.

3. Periksa terminal aki
- Pastikan mesin dalam keadaan mati sebelum memeriksa aki.
- Periksa kondisi terminal aki dan pastikan koneksi kabel positif (+) dan negatif (-) kencang dan tidak berkarat. Koneksi yang longgar atau berkarat dapat menyebabkan indikator aki menyala.

4. Periksa kondisi aki