Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Mathew Baker sempat menjadi buah bibir setelah mendapat panggilan untuk memperkuat Australia U-17 meski ia masuk proyeksi skuad timnas Indonesia U-17.

Sang bek kiri memang eligible untuk membela negeri kanguru yang memang jadi negara asal ayahnya juga tempat dirinya lahir sebelum kemudian memastikan masih setia bersama proyek Garuda Muda dan PSSI.

Tentunya sebelum ada klarifikasi dari pihak federasi maupun Baker sendiri, publik sepakbola Indonesia dibuat gempar dengan pemanggilan remaja 15 tahun itu ke pemusatan latihan sangara muda Australia.

Namun insiden seperti ini sebaiknya mulai lebih biasa diterima mengingat PSSI memang semakin gencar dalam program naturalisasi dan pemanggilan pemain keturunan.

Pasalnya FIFA memang memperbolehkan seorang pemain mengganti negara yang ia bela di level internasional terutama saat masih dalam kelompok umur.

Baca juga: Zlatan Ibrahimovic Kritik MLS, Maarten Paes Harus Pindah ke Empoli

Jika sudah memainkan lebih dari tiga laga senior kompetitif, barulah pemain tidak bisa pindah tim nasional lagi.

Di timnas Indonesia kategori usia muda saat ini cukup banyak nama-nama yang masih punya kans membela negara lain jika memang mereka berkehendak dan mendapat panggilan.