Monday, September 09, 2024

www.SportCorner.id - Prancis sukses melaju ke semifinal cabor sepakbola putra Olimpiade Paris 2024 pasca mengalahkan Argentina 1-0 pada Sabtu (3/8/2024) lalu.

Duel ini berlangsung sengit dan pihak Les Bleus tidak memungkiri jika energi yang mereka dapatkan untuk memulangkan La Albiceleste adalah skandal rasisme yang menggoyang hubungan kedua negara.

Skandal yang dimaksud adalah ketika Argentina merayakan sukses menjuarai Copa America 2024 mereka dengan nyanyian bernada diskriminasi pada latar belakang imigram sebagian besar pemain Prancis.

Selebrasi tersebut direkam dalam live Instagram salah satu bintang Tim Tango, Enzo Fernandez, yang buatnya jadi antagonis utama insiden ini.

Meski akhirnya Enzo sudah meminta maaf secara terbuka pasca dikecam publik dan diboikot rekan satu klubnya di Chelsea, gaung isu rasime masih terasa dan terbawa sampai ke Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: Tolak Australia, Mathew Baker Tetap Hadapi Karier Terjal di Indonesia

Tensi tinggi idak bisa dihindari pada akhirnya saat kedua negara bertemu di delapan besar.

Selama 90 menit penuh penonton di Stade de Bordeaux disajikan pertandingan panas penuh dengan tekel keras, argumen sengit, serta drama.

Prancis akhirnya menang tipis 1-0 lewat gol cepat Jean-Philippe Mateta. Menurut kapten mereka, Alexandre Lacazette, Argentina yang salah karena telah melukai perasaan mereka sebelum laga digelar sehingga harus batal meraih emas.