Tuesday, September 10, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia dikabarkan sudah mencapai kesepakatan untuk menjadikan Yeom Ki-hun salah satu asisten Shin Tae-yong.

Namanya mungkin masih terdengar asing di telinga publik sepakbola tanah air namun ia merupakan salah satu figur besar Korea Selatan dan berikut statistiknya sejauh ini dari pinggir lapangan.

Yeom mulai terjun ke dunia manajerial pada Januari 2023 ketika diangkat sebagai asisten pelatih untuk tiga manajer berbeda di Suwon Bluewings yakni Kim Byung-su, Lee Byung-geun, dan Choi Sung-yong.

Tanggung jawab untuk memegang kemudi langsung baru diberikan oleh Suwon pada September 2023 namun hanya sebagai caretaker saja sebelum dipermanenkan tiga bulan berselang.

Sayang, jabatan itu tidak bisa Yeom pegang lama-lama karena baru setengah musim saja di 2024 ia telah didepak karena hasil yang dianggap jauh dari target.

Baca juga: Profil Yeom Ki-hun, Coach Baru Timnas Indonesia si Raja Assist Korea

Wajar jika Suwon sangat menuntut karena mereka adalah salah satu klub raksasa di Korea Selatan meski kini berada di kasta kedua namun dalam kabinet tersimpan banyak trofi termasuk empat K-League 1.

Tujuh partai pertama Yeom Ki-hun dijalani di K-League 1 sebagai caretaker dimana Suwon Bluewings kala itu berada di papan bawah.