Tuesday, September 10, 2024

www.SportCorner.id - Atlet Kuba, Mijain Lopez mengukir sejarah dengan memenangkan lima medali emas Olimpiade secara beruntun.

Lopez, yang berusia 41 tahun, menjadi pegulat pertama yang memenangkan lima medali emas Olimpiade di cabang dan nomor sama.

Pada perrtandingan Selasa (6/8/2024), Lopez memenangkan medali emas Olimpiade Paris 2024 setelah mengalahkan pegulat Chili, Yasmani Acosta di nomor putra 130kg.

Di final melawan Acosta, Lopez menunjukkan kehebatan gulatnya dengan roll-off par terre di babak pertama, diikuti dengan takedown di babak kedua, yang memastikan kemenangan baginya.

Setelah pertarungan, Lopez melepas sepatunya dan meletakkannya di atas matras. Dia pensiun setelah Olimpiade, mengakhiri salah satu karier hebat dalam sejarah gula.

[Baca Juga: Asosiasi Tinju Internasional Ungkap Hasil Tes Petinju Imane Khelif]

"Ini adalah momen untuk menunjukkan bahwa seseorang telah resmi pensiun dari olahraga gulat," ujarnya, dikutip dari NY Times, Rabu (7/8/2024).

"Dan juga memberikan jalan terbuka lebar bagi generasi muda untuk terus menginspirasi orang lain," katanya.

Lopez pertama kali tampil di Olimpiade Athena 2004. Tapi, dia hanya melaju sampai babak perempatfinal setelah takluk lawan pegulat Rusia, Khasan Baroyev.

Lopez dan Baroyev bertemu lagi di Olimpiade Beijing 2008. Keduanya bertarung di final kelas 120kg. Lopez membalas kekalahannya dengan merebut medali emas Olimpiade pertamanya.