Friday, September 20, 2024

SportCorner.id - Berikut pengertian snacth dan Clean and Jerk serta cara penghitungan poin dalam pertandingan angkat besi.

Gerakan yang dilakukan seorang lifter dalam tahap snatch dan clean and jerk inilah yang nantinya jadi indikator penilaian untuk menentukan pemenang.

Angkat besi sendiri adalah salah satu cabor tradisional di Olimpiade yang sudah dipertandingkan sejak 1896 yang merupakan olimpiade edisi pertama yang saat itu dihelat di Athena, Yunani.

Di tingkat global, cabor angkat besi dengan segala perangkat aturan mainnya diselenggarakan oleh sebuah badan bernama Federasi Angkat Beban Internasional (IWF) yang dibentuk pada tahun 1905.

Pengertian Snatch dan Clean and Jerk

Dikutip dari situs resmi Olimpiade, snatch adalah gerakan saat lifter mengangkat barbel hingga di atas kepala dalam satu gerakan tunggal.

Adapun clean and jerk adalah gerakan saat seorang lifter mengangkat barbel tapi tidak langsung mengangkatnya hingga ke atas kepala, tetapi terlebih dulu menempatkannya di dada.

Tahap inilah yang diistilahnya sebagai clean.

Dari tahap clean, lifter kemudian meluruskan lengan dan kakinya untuk mengangkatnya ke atas kepala (jerk) dengan siku lurus dan harus menahannya di sana hingga bel berbunyi.

Baca juga: Jenis Pelanggaran dalam Pertandingan Voli yang Perlu Anda Ketahui