Saturday, September 14, 2024

www.SportCorner.id - Di saat semua atlet Olimpiade Paris 2024 mendapat handphone edisi khusus, itu tak berlaku untuk Korea Utara.

Samsung, bekerja sama dengan Olympiade, memberikan smartphone Galaxy Z Flip 6 edisi terbatas kepada setiap atlet di Paris.

Namun Korea Selatan, yang menjadi basis perusahaan raksasa teknologi tersebut, mengatakan takkan memberikan Samsung pada atlet Korea Utara.

Alasannya adalah, pemberian dalam bentuk apa pun kepada atlet Korea Utara sama saja melanggar sanksi terhadap Korea Utara atas program nuklir dan rudalnya.

Dikutip dari CBC, Minggu (11/8/2024), PBB memiliki banyak daftar barang-barang yang harus dicegah oleh anggotanya agar tidak memasuki Korea Utara.

[Baca Juga: China Sapu Bersih Emas Olimpiade 2024 Tenis Meja dan Loncat Indah]

Penyebabnya adalah, barang-barang tersebut dikhawatirkan dapat digunakan untuk tujuan jahat.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan, smartphone atau ponsel pintar termasuk di antara barang-barang yang dilarang berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan 2397 yang disahkan pada tahun 2017.

Walaupun atlet Korea Utara membawa smartphone tersebut, kemungkinan besar tidak akan berguna.

"Mereka punya ponsel dan telepon pintar sendiri di Korea Utara, tapi tidak terhubung ke internet," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, Lee Jae-woong.