Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Indonesia boleh saja bangga punya lebih banyak medali emas daripada Thailand di Olimpiade Paris 2024 namun belum bisa sepenuhnya jemawa.

Negeri Gajah Putih masih unggul dalam perolehan medali Olimpiade sepanjang masa ketimbang Merah-Putih di lingkup regional Asia tenggara.

Padahal Indonesia sudah punya koleksi 40 medali dimana 10 di antaranya adalah emas sejak pertama kali ikut serta dalam Olimpiade pada 1952.

Hanya saja Thailand memang lebih digdaya. Mereka memiliki 41 medali yang terdiri dari 11 emas, 11 perak, plus 19 perunggu.

Selisih yang tipis ini membuat persaingan kedua negara di Olimpiade diprediksi akan sangat menegangkan di gelaran berikutnya.

Baca juga: An Se-young Disemprot Legenda Badminton Korsel Rival Susy Susanti

Pada 2028 mendatang, pesta olahraga sedunia itu akan diadakan di Los Angeles Amerika Serikat dan baik Indonesia maupun Thailand bakal mati-matian untuk jadi yang terbaik.

Boleh dibilang duopoli Indonesia dan Thailand dalam persaingan koleksi medali Olimpiade antara negara Asia Tenggara masih terlalu jauh untuk dikejar yang lain.

Posisi ketiga ASEAN ditempati oleh Filipina yang pada Olimpiade Paris 2024 lalu mampu memborong dua emas dari senam lewat sumbangsih Carlos Yulo.