Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Militer Israel menangkap Ketua Umum Federasi Sepak Bola Palestina (PFA), Jibril Alrjoub.

Pada Rabu (14/8/2024), Jenderal Alrjoub sempat ditahan pasukan keamanan Israel ketika kembali ke Tepi Barat dari Amman, Yordania.

Meski sudah dibebaskan, paspor Alrjoub disita dan dia diperintahkan untuk menjalani pemeriksaan lanjutan pada Kamis (15/8/2024).

Insiden ini terjadi pada saat yang kritis ketika Palestina sedang mempersiapkan debut bersejarah di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Setelah lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia FIFA untuk pertama kalinya, Palestina akan menghadapi Korea Selatan pada 5 September 2024 di Grup B.

[Baca Juga: Ini Alasan Jordy Wehrmann Tolak Tawaran Perkuat Timnas Indonesia]

AFC mengecam keras tindakan yang dilakukan pasukan keamanan Israel pada Alrjoub.

"Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengecam keras tindakan yang dilancarkan aparat keamanan Israel terhadap Presiden Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA), Jenderal Jibril Alrjoub," bunyi pernyataan AFC, di laman resminya, Rabu (14/8/2024).

"AFC khawatir dengan pelanggaran hak-hak dasar Jenderal Alrjoub, khususnya kebebasan bergerak untuk menjalankan tugasnya sebagai pemimpin olahraga, khususnya sebagai Presiden PFA."

"AFC menekankan perlunya badan-badan internasional dan pemerintah untuk menjunjung tinggi hak-hak dasar individu, apapun keadaan politiknya," lanjut pernyataan AFC.