Thursday, September 12, 2024

www.SportCorner.id - Maarten Paes akhirnya bisa membela Timnas Indonesia, setelah melalui proses panjang dengan sidang di Pengadilan CAS.

Maarten Paes sebenarnya sudah sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak (30/4/2024). Namum kiper berusia 26 tahun ini tidak bisa langsung membela tim Garuda.

Hal ini karena Maarten Paes terganjal dengan aturan FIFA terkait dengan kepindahan federasi.

Pada kurun waktu 2016-2020, Maarten Paes pernah membela Timnas Belanda U-19, U-20 dan U-21.

Paes juga telah berusia 22 tahun saat membela Timnas Belanda U-21. Adapun aturan FIFA menyatakan bahwa saat ada pemain yang ingin pindah asosiasi, mereka terlebih dahulu tidak memperkuat negara lain saat usianya lebih dari 21 tahun.

Baca juga: Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia, Persaingan Kiper Panas

"Saya ingin datang secepatnya, bermain secepatnya untuk Timnnas Indonesia. Saya bersyukur kesempatan ini dan bermain Tim Garuda. Saya tidak sabar bertemu kalian," kata Maarten Paes dalam unggahan akun Instagram Timnas Indonesia, Minggu (18/8/2024).

"Menyala Abangku," imbuhnya.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengumumkan, bahwa Penjaga gawang FC Dallas ini sudah bisa membela Timnas Indonesia.

"Maarten Paes akhirnya telah berhasil didaftarkan dan sekarang secara sah dapat bermain mewakili tim nasional Indonesia," kata Erick Thohir dalam rilis, Minggu (18/8/2024).