Thursday, September 12, 2024

www.SportCorner.id - Isu Marselino Ferdinan bisa bergabung dengan Oxford United di Championship karena campur tangan Erick Thohir sebagai pemilk saham memang sulit ditampik.

Hanya saja gelandang serang timnas Indonesia itu tidak akan mendapatkan lampu hijau dari Inggris apabila tidak dipandang sebagai talenta luar biasa.

Merekrut pemain asing terutama yang bukan berasal dari negara Uni-Eropa adalah hal yang sulit bagi para kesebelasan Inggris.

Apalagi yang berpaspor Indonesia seperti Marselino karena negaranya memiliki peringkat FIFA yang rendah sehingga izin kerja yang diajukan klub seringkali ditolak dengan alasan tidak cukup berkualitas untuk direkrut.

Contohnya Andrey Santos yang pada 2023 lalu ditangguhkan kepindahannya ke Chelsea dari Brasil karena tidak lolos pengajuan izin kerjanya.

Baca juga: Tak Ada Pemain Asia Sukses di Oxford United, Marselino Salah Klub?

Begitu juga kala Manchester United batal mendatangkan Adem Ljajic di 2010 silam meski sang penyerang Serbia telah berlatih di klub hanya karena enggan mengurus work permit yang rumit.

Beruntung kini ada regulasi baru yakni kuota Elite Significant Contribution (ESC) untuk mempermudah klub Inggris mengamankan target yang sebelumnya sulit didapatkan.