Saturday, September 14, 2024

www.SportCorner.id - Dunia catur diguncang setelah seorang juara catur asal Rusia, Amina Abakarova berusaha meracuni rivalnya dengan merkuri.

Abakarova, yang sekarang kemungkinan menghadapi hukuman penjara, terekam dalam video CCTV mengolesi zat beracun tersebut di papan catur lawannya jelang turnamen di Makhachkala, Rusia Selatan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan merkuri dalam jumlah kecil sekalipun dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius.

Dalam rekaman video CCTV, Abakarova memantau sekeliling ruang memastikan tak ada yang melihat aksinya. Setelah diyakini aman, dia mengambil sesuatu yang tampak seperti botol dari tasnya.

Kemudian, dia menuangkan bahan tersebut ke bidak catur. Setelah itu, dia melihat lagi ke sekeliling ruangan memastikan aksinya aman.

[Baca Juga: Tiga Atlet Peraih Medali Olimpiade 2024 Dapat Hadiah Rumah]

Korban memerlukan perawatan medis setelah mengalami pusing parah dan mual selama pertandingan, namun dapat melanjutkan turnamen.

Dikutip dari Independent, Abakarova meracuni lawannya, Umayganat Osmanova sebagai tindakan balas dendam setelah dia menghinanya.

Atas aksinya, Abarakova terancam penjara selama tiga tahun.

"Kami memiliki bukti video yang menunjukkan bahwa salah satu pemain di kejuaraan catur Dagestan, Amina Abakarova dari kota Makhachkala, menggunakan zat tak dikenal, yang kemudian ternyata mengandung merkuri, ke dalam papan catur Umayganat Osmanova," ujar seorang pejabat Olahraga Dagestan, Sazhid Sazhidov.



Artikel terkait