Monday, September 16, 2024

www.SportCorner.id - Leani Ratri Oktila kini layak disebut sebagai salah satu atlet Paralimpiade Indonesia tersukses. Betapa tidak, dalam partisipasi di dua Paralimpiade, Leani Ratri sukses mempersembahkan 5 medali bagi Indonesia.

Paralimpiade 2024 di Paris, Prancis menjadi bukti prestasi dari Leani Ratri. Atlet para badminton berusia 33 tahun itu mempersembahkan 1 emas dan 1 perak, masing-masing untuk nomor ganda campuran dan tunggal wanita.

Berpasangan dengan Hikmat Ramdani di ganda campuran, Leani Ratri memastikan emas Paralimpiade 2024. Pasangan Hikmat/Leani Ratri mengalahkan Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah dengan 21-16, 21-15 dalam pertandingan di La Chapelle Arena, Paris, Prancis, Senin (2/9/2024).

Di final tunggal putri, Leani Ratri sudah berupaya maksimal saat menghadapi wakil China, Cheng He Fang. Namun, Leani Ratri harus mengakui keunggulan He Fang dengan skor 14-21, 18-21.

Meski begitu, raihan dua medali Leani Ratri itu terbilang impresif. Sebab, dalam ajang Paralimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, Leani Ratri mampu menggondol 2 emas dan 1 perak.

Baca Juga: [Profil-Leani-Ratri-Oktila-Peraih-Dua-Medali-di-Paralimpiade-2024]

Capaian 2 emas dia dapat di sektor ganda wanita dan ganda campuran, sementara perak berasal dari tunggal putri. Sehingga total dalam dua Paralimpiade, Leani Ratri mampu mempersembahkan 5 medali bagi kontingen Indonesia.