Monday, September 16, 2024

www.SportCorner.id - Shin Tae-yong buka-bukaan alasan meninggalkan pemain langganan Timnas Indonesia di era sebelum kedatangannya.

Shin Tae-yong melatih Indonesia di tahun 2019. Tapi, dia tak bisa langsung bekerja karena dunia dilanda pandemi Covid-19 yang membuat pertandingan sepak bola disetop.

Pelatih asal Korea Selatan itu baru bisa benar-benar bekerja sekitar tahun 2022. Sejak itu, Shin Tae-yong mampu membuat catatan apik dengan Timnas Indonesia.

Tak hanya dari segi pencapaian tim, tapi juga secara permainan dan kondisi fisik para pemain Timnas Indonesia.

Teranyar, catatan apik Shin Tae-yong adalah membawa Indonesia untuk pertama kalinya lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

[Baca Juga: Timnas Indonesia Tiba di Arab, Pemain Abroad Mulai Gabung]

Sebelum Shin Tae-yong melatih, ada beberapa nama yang menjadi andalan di skuat Merah Putih, seperti Hansamu Yama, Andritany, hingga Evan Dimas.

Tapi, nama-nama tersebut tak lagi masuk ke dalam tim racikan Shin Tae-yong. Tak disebutkan alasan pasti, tapi Shin Tae-yong sedikit menyiratkan alasannya memilih mengandalkan pemain-pemain muda.

"Siapa pun yang terlalu terjebak dalam kesuksesannya, saya keluarkan dari skaut. Saya memilih pemain yang lebih muda. Itulah alasan utama kami mencapai sejauh ini," ujar Shin Tae-yong, dalam wawancara bersama FIFA.