Wednesday, September 18, 2024

www.SportCorner.id - PSSI akan mempercepat proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Hilgers dan Reijnders adalah dua nama calon naturalisasi terbaru untuk timnas Indonesia. Keduanya sudah hadir ke Jakarta dua hari lalu.

Bahkan, Hilgers dan Reijnders sempat ikut latihan dengan Timnas Indonesia jelang pertandingan lawan Australia.

Hilgers dan Reijnders sudah menyatakan siap dinaturalisasi. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berharap keduanya sudah bisa main lawan Bahrain dan China.

"Jadi ya kami coba memperbaiki setiap bulannya, mudah-mudahan semua administrasi yang ada di DPR bisa segera," ujar Erick, Rabu (11/9/2024).

[Baca Juga: Ini Makanan Indonesia Favorit Eliano Reijnders, Anti-Mainstream]

"Pak Menpora (Dito Ariotedjo) sudah tanda tangan, Mensesneg (Pratikno) sudah tanda tangan, Pak Presiden (Rabu, 11 September) tanda tangan," katanya.

Indonesia akan menghadapi Bahrain dan China pada Oktober mendatang. Saat itu, skuat Garuda diharapkan sudah bisa diperkuat Hilgers dan Reijnders.

"Nanti tinggal proses di DPR supaya Oktober tanggal 10 dan 15 mereka bisa memperkuat Indonesia untuk pertandingan di luar negeri, di Bahrain dan China," ucapnya.

Setelah tandatangan presiden, masih ada beberapa tahap lagi yang harus dilalui sebelum pengambilan sumpah jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Dokumen akan tiba di Setneg, kemudian wawancara dengan BIN, masuk ke DPR, Sidang DPR, Surat Keputusan Presiden, baru bisa mengambil sumpah WNI di Kantor Wilayah Kemenkumham.

[Baca Juga: Profil Fardy Bachdim, Agen dan Pencari Pemain Keturunan di Belanda]

Dengan tambahan dua pemain ini, maka sejak era Shin Tae-yong, total ada 16 pemain dinaturalisasi.

Berikut 14 Pemain Naturalisasi Era Shin Tae-yong

1. Marc Klok (2020)