Wednesday, September 18, 2024

Sportcorner.id - Siapa saja ke-13 pemain naturalisasi timnas Indonesia yang terjerat isu paspor ganda?

Isu paspor ganda pemain naturalisasi timnas Indonesia tengah menyeruak di tengah euforia usai hasil positif di dua laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Isu paspor ganda pemain naturalisasi timnas Indonesia dihembuskan pertama kali oleh eks Dubes Indonesia untuk Polandia, Peter Gontha.

Dalam postingannya via Instagram pada Kamis (12/9/2024), Peter Gontha mengaku mendengar informasi bahwa para pemain naturalisasi yang memperkuat timnas Indonesia masih memegang paspor negara lamanya.

"Saya sungguh galau, saya akan posting status yang akan membuat follower saya marah, tapi tidak apa saya ambil risiko itu, karena saya mau menjaga martabat bangsa saya," tulis Peter.

Peter mengaku mengetahui hal itu dari rekannya yang berasal dari luar negeri.

Baca juga: Daftar 27 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia dari 2010-2024

Peter menuliskan beberapa poin-poin percakapannya dengan rekannya itu yang disertai jawaban singkatnya atas isu tersebut. Berikut poin-poin tersebut:

1. Apakah anda cinta PSSI? (saya cinta)
2. Apakah anda cinta bangsa? (saya cinta)
3. Apakah anda tidak malu lihat PSSI 9 pemainnya adalah bangsa asing yang dinaturalisasi? (saya malu)
4. Apakah kita bangsa besar (saya rasa demikian)
5. Apakah Anda tahu bahwa naturalisasi mereka hanya sementara, karena mereka mempunyai dua paspor, nanti kalau sudah selesai main di Indonesia mereka akan buang status WNI mereka? (saya tau)
6. Apakah mereka mau membuang tunjangan sosial mereka di negaranya begitu saja? (Saya rasa tidak)
7. Apakah menurut anda tidak lebih baik membina pemain kita dari muda (SD s/d Dewasa)? (saya rasa demikian)
8. Apakah tidak lebih baik kalah dengan terhormat daripada menang atau seri dengan cara yang merendahkan martabat bangsa? (Saya malu)