Friday, October 04, 2024

www.SportCorner.id - Nasib apes dialami Malaysia. Keinginan menaturalisasi pemain keturunan mendapat penolakan dari FIFA.

Kesuksesan Indonesia dalam menaturalisasi pemain keturunan Belanda membuat beberapa negara ASEAN mulai mengikuti langkah tersebut.

Salah satunya adalah Malaysia. Mereka mengajukan naturaliasi pemain Go Ahead Eagles, Mats Deijl.

Deijl diklaim punya darah Malaysia. Tapi, setelah diajukan ke FIFA, ternyata Deijl tak bisa dinaturalisasi karena darah Malaysia hanya dari nenek moyang alias tak sesuai peraturan FIFA yang minmal ada darah dari kakek atau nenek.

Kegagalan Malaysia menaturalisasi diumumkan via postingan akun Instagram Federasi Sepak Bola Malaysia, FAM pada Selasa (1/10/2024).

[Baca Juga: 29 Pemain Naturalisasi Sejak 2010, Ada Mees Hilgers & Eliano Reinjders]

Berikut pernyataan FAM soal Naturalisasi Mats Deijl:

Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menginformasikan bahwa Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah memastikan pemain klub Go Ahead Eagles asal Belanda, Mats Deijl belum lolos persyaratan kelayakan untuk bergabung dengan skuad Harimau Malaya.

Pasalnya, berdasarkan dokumen yang terlampir, diketahui pemain berusia 27 tahun itu hanya memiliki darah Malaysia melalui nenek moyangnya dan bukan melalui kakek dan neneknya sebagaimana diatur dalam ketentuan FIFA.