Saturday, October 05, 2024

www.SportCorner.id - Masih banyak yang memandang sepakbola wanita dan menilai jauh di bawah sepakbola pria. Stereotip itu juga dialami oleh Ayunda Dwi Anggraini sebagai pesepakbola wanita yang berhijab.

Ayunda yang kini bermain untuk Timnas U-19 Wanita Indonesia mengungkapkan cerita duka selama ia menjalani karier sebagai pesepakbola.

Ayunda yang bermain di posisi gelandang sayap, mengaku kerap dicemooh oleh orang lain mengenai hijab yang dikenakannya.

"Kadang dukanya itu, pernah dipengaruhi dan dicemooh oleh teman, dengan berkata 'eh, jangan pakai hijab dong," ungkap Ayunda dikutip dari laman PSSI.

Namun, Ayunda tidak menanggapi komentar negatif yang kerap dialamatkan kepadanya. Ia tetap teguh pada pendiriannya dan bermain sepakbola dengan baik.

Meski begitu, Ayunda sangat menikmati perjalanan karier sepakbolanya sehingga bisa bermain untuk timnas.

"Saya tak menyangka sih sebenarnya, ini juga menjadi debut saya di timnas. Yang jelas saya sangat senang sekali dan karena itu saya bisa menunjukkan ke orang tua kalau saya akan menjadi pesepakbola wanita yang baik," kata Ayunda.

Ayunda merupakan salah satu pemain yang membantu Timnas U-19 Wanita Indonesia menang telak 7-0 atas Timor Leste di AFF U-19 Women's Championship 2023 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

Pada laga itu, Ayunda menyumbang dua gol masing-masing pada menit ke-66 dan 90.